Mengenal Alat Kesehatan Gigi

Mengenal Alat Kesehatan Gigi – Gigi adalah salah salah satu organ yang penting untuk menunjang kehidupan manusia. Gigi terletak di dalam rongga mulut, bagian atas dan bagian bawah.

Gigi terdiri dari beberapa jenis yang masing – masing mempunyai peran dan fungsinya sendiri – sendiri. Salah satu fungsi penting gigi manusia adalah untuk mengolah makanan sehingga siap masuk ke dalam kerongkongan dan diproses untuk kelangsungan hidup manusia.

 

Terkadang kita banyak melihat di sekitar kita, banyak orang terutama anak – anak yang mempunyai gigi gupis. Banyak orang mengeluh merasakam sakit dengan giginya. Ini disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah kurang memperhatikan kesehatan gigi. Akibatnya adalah kerugian untuk dirinya sendiri. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pemeriksaan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi di puskesmas atau di klinik gigi.

 

Di klinik atau puskesmas pemeriksaan gigi biasanya dilakukan oleh dokter gigi dan dilakukan dengan alat kesehatan khusus untuk pemeriksaan gigi. Alat ini sering disebut dengan Dental Unit. Alat ini digunakan khusus pemeriksaan gigi lengkap. Terdiri dari banyak sekali jenis dan masing – masing mempunyai fungsinya sendiri – sendiri. Pembaca yang budiman, artikel ini selanjutnya akan membahas tentang alat kesehatan untuk pemeriksaan gigi.

 

Sebelum kita masuk ke dalam topic pembicaraan kita, ada baiknya kita mengenal anatomi gigi manusia. Struktur gigi manusia terdiri dari dua bagian yaitu mahkota dan akar gigi. Bagian akar adalah bagian yang masuk ke dalam gusi sedangkan bagian mahkota adalah yang dapat kita lihat dari luar mulut. Gigi adalah komponen jaringan keras di tubuh kita yang terdiri dari email, dentin dan smentum.

 

Telah sedikit disinggung di atas bahwa gigi termasuk dalam system pencernaan apabila kita lihat dari fungsinya.  Gigi berfungsi untuk melumat, mengolah makanan yang akan masuk ke dalam lambung. Gigi mempunyai bebrapa jenis dan fase pertumbuhan jenis tersebut juga berbeda – beda. Berikut adalah beberapa tipe gigi manusia.

 

Gigi Seri

 

Gigi seri terdapat di bagian tengah mulut kita baik rahang bawah maupun rahang atas. Gigi seri dikenal juga dengan nama “incisivus”.  Jenis gigi ini berfungsi untuk mrmotong dan mengerat makanan. Gigi seri biasanya tumbuh pada saat usia 4 hingga 6 bulan. Ggigi seri mempunyai struktur yang tajam di dan tipis sesuai dengan fungsinya. Jumlah gigi seri ada delapan. 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.

 

Gigi Taring

 

Gigi taring sering disebut dengan istilah “Caninus”. Gigi ini mempunyai satu buah akar gigi, dan berfungsi untuk mengoyak bahan makanan atau yang lainya. Gigi taring berbentuk lancip dan juga tajam sesuai dengan fungsinya. Umumnya manusia mempunyai gigi taring berjumlah 4 buah, dua di rahang atas letaknya di sebelah gigi seri kanan dan kiri.

 

Gigi Graham Kecil

 

Gigi ini mempunyai dua akar, berfungsi untuk menggilas dan mengunyah bahan makanan.  Gigi graham kecil sering disebut dengan istilah pra-molar . Gigi ini biasanya tumbuh pada usia 10 tahun hingga 11 tahun. Gigi ini dapat melumat makanan dan proses orthodentie.

 

Gigi Graham

 

Gigi graham memiliki jumlah akar yang paling banyak diantara gigi lainya. Gigi graham memiliki tiga akar dan berfungsi untuk melumat makanan hingga lembut. Gigi ini sering disebut dengan istilah “Molar”. Jumlah gigi molar permanen ada 12 buah , 6 buah di rahang atas dan 6 lainya di rahang bawah. Letak posisi gigi graham berada di kanan dan kiri bagian belakang.

 

Pemeriksaan Kesehatan Gigi

 

Ada banyak factor yang dapat merusak kesehatan gigi anda diantaranya adalah makanan yang dimakan dan kurangnya kesadaran untuk merawat kesehatan gigi. Kerusakan gigi bisa berupa gigi berlubang, caries gigi, sakit gigi dan lainya. Kerusakan gigi yang sudah terlanjur terjadi dapat ditangani dengan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter spesialis gigi.

 

Dokter akan memeriksa berdasarkan keluhan pasien. Dokter gigi dengan menggunakan alat kesehatan gigi memeriksa pasien hingga menemukan dimana letak permasalahan giginya. Kemudian dokter akan mengambil tindakan untuk mengatasi keluhan pasien tersebut.

 

Alat Kesehatan Gigi

 

Dokter gigi memang tidak seperti dokter spesialis penyakit lainya. Dokter gigi dapat kita katakana bisa melakukan pemeriksaan dan sekaligus penanganan fisik terhadap pasiennya. Dokter gigi dalam prakteknya membutuhkan alat khusus yang sering disebut dengan Dental Unit. Alat kesehatan khusus gigi ini merupakan paket alat kesehatan lengkap dan khusus untuk pemeriksaan gigi.

 

Berikut adalah beberapa alat yang digunakan untuk kedokteran gigi dalam pemeriksaan terhadap permasalahan gigi.

 

Oral Diagnostk

 

1. Kaca mulut (mirror)

 

Alat ini terbuat dari logam anti karat, berbentuk cermin yang didesain untuk melihat kondisi gigi di dalam mulut.  Fungsi alat tersebut adalah :

 

  • Melihat permukaan yang tidak dapat dilihat oleh mata
  • Membatu memperluas daerah pekerjaan
  • Mengetahui adanya debris, karang gigi dan lubang pada gigi.
  • Memeriksa kelainan yang dialami pasien

 

2. Dental Pinset

 

Merupakan alat penjepit yang terbuat dari bahan stainless anti karat dengan ujung melengkung atau membentuk sudut. Fungsi alat ini digunakan untuk menjepit kapas , kasa dan sejenisnya.

 

3. Sonde  Probe

 

Alat ini terbuat dari stainless steel yang runcing di satu bagian ujungnya. Alat ini terdiri dari beberapa macam, bengkok, melengkung atau setengah lingkaran dan ada juga sonde yang berbentuk lurus. Alat ini digunakan untuk mendeteksi adanya caries gigi dan mengukur kedalamanya. Sonde juga dapat digunakan untuk memeriksa adanya debris dan calculus.

Excavator

 

Ala ini terbuat dari bahan stainless steel, bagian ujung menyerupai sendok kecil. Alat ini mempunyai beberapa jenis berdasarkan ukuranya. Excavator digunakan untuk membersihkan caries yang lunak dan kotoran sisa makanan sang ada di dalam kavitas, membongkar tumptan sementara.

 

Alat Kesehatan Foto Rontgen Gigi

 

Alat ini termasuk alat kesehatan yang menggunakan perangkat listrik. Berfungsi untuk mencitrakan jaringan keras di dalam gigi. Hal ini dilakukan untuk melihat kelainan jaringan pendukung gigi.

 

Vitalitester

 

Alat ini digunakan untuk vitalitas pulpa. Vitalitester  digerakan dengan menggunakan aliran listrik yang akan menimbulkan reksi pulpa.

 

Water Syringe

 

Alat ini digunakan untuk membersihkan caries saat melakukan pemeriksaan preprasisi gigi. Alat ini terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi secara optimal untuk melakukan tugasnya.

 

Alat Pendukung Khusus 

 

Periodontal Probe

 

Alat ini hampir menyerupai sonde namun berbentuk lurus denan garis. Terbuat dari bahan stainless steel. Alat ini digunakan untuk mengukur dalamnya saku gusi.

 

Scaler

 

Ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan karang gigi. Alat ini juga terbuat dari bahan stainless steel dengan bentuk yang bermacam – macam sesuai dengan fungsinya.

 

Cavitron

 

Alat ini merupakan alat kesehatan gigi yang digunakan untuk membersihkan karang gigi. Alat ini digerakan dengan system elektronik. Bagian ujung dari alat tersebut dapat diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Pembaca dimanapun anda berada, alat kesehatan gigi di puskesmas atau di rumah sakit sangat banyak dan kompleks sekali. Yang kami sebutkan di atas hanya sebagian kecilnya saja.

 

Informasi penting untuk anda yang berprofesi sebagai dokter gigi, atau anda adalah instansi rumah sakit yang membutuhkan alat kesehatan kedokteran gigi atau Dental unit, silahkan kunjungi gloryamedica.com. Distributor alat kesehatan resmi yang melayani pengadaan alat kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terimakasih.

 

 

Comments: 0 (Discussion closed)
    There are no comments yet.